Bahaya Kelebihan Asam Dalam Tubuh

Recomended


Lupakan tentang kadar lemak, kalori, tentang tekanan darah, gula darah, kelainan hormon dan tanda-tanda atau parameter kesehatan lain. Ternyata ukuran yang paling penting untuk kesehatan Anda adalah pH darah dan jaringan tubuh anda, artinya seberapa asam atau basa cairan tubuh anda. Jaga pH cairan tubuh anda, otomatis anda juga akan terhindar dari masalah di atas.

Dibanding tes kesehatan lain, tes untuk menguji derajat keasaman (pH) tubuh relatif tidak populer. Tapi jangan anggap sepele masalah derajat keasaman tubuh ini karena jika tubuh terlalu asam itu pertanda ada yang tidak beres. Ada pengaruh yang signifikan jika tubuh terlalu asam .

Pada tahun 1933 seorang dokter New York bernama William Howard Hay menerbitkan sebuah buku, A New Health Era  (Sebuah Era Baru Kesehatan)  di mana ia menyatakan bahwa semua penyakit disebabkan oleh autotoxication (atau “keracunan diri”) karena akumulasi asam dalam tubuh.

Dr Theodore Baroody  dalam buku yang luar biasa ” Alkalize or Die” ,  mengatakan pada dasarnya hal yang sama: Tak terhitung banyaknya jumlahnya penyakit yang bisa diderita. Apapun masalahnya adalah bahwa semua penyakit berasal dari akar penyebab yang sama, terlalu banyak limbah asam jaringan dalam tubuh!-Theodore A. Baroody, ND, DC, Ph.D.

Dr. Airashi, Ilmuwan Spesialis Kanker dari Jepang
Pada kondisi tubuh yang pH-nya Basa ( 7 - 8 ) sel pada tubuh manusia tumbuh normal, tapi seiring buruknya pola makan & pola hidup, sisa limbah tubuh yang tidak terbuang melalui keringat & urine akan merubah pH tubuh menjadi asam, pada kondisi tubuh yang asam, sel normal tidak bisa tumbuh, tapi ada beberapa sel yang beradaptasi dan tetap tumbuh tapi berubah menjadi sel kanker. Walaupun kanker sudah dioperasi, jika kondisi tubuh tetap asam maka sel kanker akan tetap tumbuh subur.

Memahami pH
pH (potential hydrogen) adalah ukuran keasaman atau kebasaan suatu larutan. Hal ini diukur pada skala 0 sampai 14 - semakin rendah pH yang lebih asam, semakin tinggi pH yang lebih basa (atau dasar). Ketika larutan bukanlah asam atau basa memiliki pH 7 yang netral.

Air adalah senyawa yang paling melimpah dalam tubuh manusia, yang terdiri dari 70% tubuh. Tubuh memiliki rasio asam-basa disebut pH yang merupakan keseimbangan antara ion bermuatan  positif   (pembentuk asam) dan ion bermuatan negatif (pembentuk basa / alkali) Tubuh terus berupaya untuk menyeimbangkan pH. Bila keseimbangan ini terganggu banyak masalah dapat terjadi.


Penting untuk memahami bahwa kita tidak berbicara tentang asam lambung atau pH lambung. Kita berbicara tentang pH cairan tubuh dan jaringan yang merupakan masalah yang sama sekali berbeda.

Uji Keasaman Tubuh Anda atau Alkalinitas :
Dianjurkan bahwa Anda menguji tingkat pH Anda untuk menentukan bagaimana pH tubuh Anda membutuhkan perhatian segera. Dengan menggunakan strip tes pH, Anda dapat menentukan faktor pH Anda dengan cepat dan mudah dalam privasi rumah Anda sendiri. Jika pH urin Anda berfluktuasi antara 6,0-6,5 di pagi hari dan antara 6,5 ​​dan 7,0 di malam hari, tubuh Anda berfungsi dalam kisaran yang sehat. Jika air liur Anda tetap antara 6,5 ​​dan 7,5 sepanjang hari, tubuh Anda berfungsi dalam kisaran yang sehat. Waktu terbaik untuk menguji pH Anda adalah sekitar satu jam sebelum makan dan dua jam setelah makan. Uji pH Anda dua hari seminggu.

Kebanyakan orang yang menderita pH  bersifat asam. Dalam menghadapi asupan asam dalam jumlah banyak, darah akan menarik mineral basa (kalsium, kalium, magnesium, natrium) dari berbagai jaringan tubuh (tulang, otot, dll) untuk menetralkannya. Jika mineral penetral tidak cukup, kelebihan asam disimpan dalam jaringan/organ tubuh (hati, jantung, pancreas, usus besar, dalam jaringan lemak, otak, dll), senyawa asam ini akan merusak sel-sel organ/jaringan tersebut. Sistem limfatik (imunitas) akan bekerja keras membuangnya. Sayangnya dibuang kembali ke dalam darah, menghasilkan lingkaran setan yang kejam, menarik lebih banyak mineral basa dari fungsi normalnya, membebani hati dan ginjal untuk membuangnya. Di sisi lain kerasnya proses dalam tubuh, menghasilkan radikal bebas dan senyawa-senyawa metabolit yang bersifat toksin/racun bagi tubuh.“Sakit yang akut dan berulang adalah hasil dari usaha tubuh memobilisasi cadangan mineral untuk untuk menetralkan kelebihan asam dan racun dalam tubuh”.